Netizen Malaysia Tuduh Indonesia Minta Google Ubah Nama Borneo Jadi Kalimantan, Ini Alasannya

Siapa yang tidak kenal pulau Kalimantan , ya pasti sudah banyak yang tau dan akan menjadi Ibu kota Indonesia selanjutnya.  Hal itu ...


Siapa yang tidak kenal pulau Kalimantan, ya pasti sudah banyak yang tau dan akan menjadi Ibu kota Indonesia selanjutnya. 
Hal itu ternyata menuai pro dan kontra yang mengakibatkan Netizen Malaysia Tuduh Indonesia Minta Google Ubah Nama Borneo Jadi Kalimantan.

Pulau Kalimantan dan Bendera Malaysia
Laporan reporter Gridhot.ID, Nicolaus Ade

Masokir.blogspot.com - Pulau Borneo atau dikenal dengan dengan pulau Kalimantan ialah sebuah pulau terbesar nomer 3 di Dunia.

Didalam pulau ini juga terdapat tiga negara yang memiliki kekuasaan. Negara itu antara lain ialah Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Tetapi, sebagian besar wilayah Kalimantan dimiliki Indonesia.

Dilansir dari Wikipedia.org, Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Indonesia(73%), Malaysia ,(26%), dan Brunei Darussalam (1%). Pulau Kalimantan juga terkenal dengan julukannya yaitu "Pulau seribu Sungai" Karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau.

Sejarah Penamaan Pulau ini :

Pada zaman bahari(dahulu), Borneo yang berasal dari nama kesultanan Brunei adalah nama yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut pulau ini secara keseluruhan nya.

Sedangkan Nama Kalimantan adalah nama yang digunakan oleh penduduk bagian timur pulau ini, seperti kota Samarinda dan Bontang yang merupakan bagian timur wilayah ini yang sekarang termasuk kedalam wilayah Indonesia.

Sedangkan wilayah Utara pulau ini (Sabah, Brunei, Sarawak) untuk Malaysia dan Brunei Darussalam.
Untuk Indonesia wilayah Utara, ialah provinsi Kalimantan Utara. Pulau Kalimantan menjadi pembicaraan hangat netizen di Twitter pada Minggu belakang ini.

Hal tersebut berkaitan dengan nama yang digunakan oleh pulau ini.
Salah seorang netizen asal Malaysia dengan akun Twitter @khaekarem menuliskan cuitan yang berisi soal permintaan Indonesia untuk mengubah nama Borneo di Google menjadi Kalimantan.

Hal ini dikarenakan ia merasa kurang setuju Dengan penamaan Kalimantan untuk pulau ketiga terbesar di dunia ini. Ia lebih setuju memakai nama Borneo karena pulau ini mencakup tiga kekuasaan negara.

Sementara penggunaan nama Kalimantan disebutnya sebagai penggunaan istilah lokal Indonesia yang dirasa akan menghapus nama Wilayah Sabah dan Brunei Darussalam. Ia juga berpendapat pengubahan nama ini dilakukan menjelang pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur.

Dalam postingannya Netizen terlihat bersi keras(ngotot) tak setuju dengan penggunaan nama Kalimantan.

Hal ini memicu netizen lain dari tiga negara di pulau Kalimantan saling adu argumen di kolom komentar. Bahkan ada Netizen Indonesia yang menyangkal pendapat dari akun Twitter @khaekarem. Perdebatan nama pulau ketiga terbesar di dunia ini pun ramai diperbincangkan di Twitter.

COMMENTS

Name

Biografi,1,Blogger,2,News,8,Pengetahuan,7,Penyakit,3,Perasaan,2,Phobia,5,Sejarah,3,Sifat,4,Tekhnologi,1,Template,1,Tips & Trick,2,Tutorial,7,
ltr
item
MasOkir: Netizen Malaysia Tuduh Indonesia Minta Google Ubah Nama Borneo Jadi Kalimantan, Ini Alasannya
Netizen Malaysia Tuduh Indonesia Minta Google Ubah Nama Borneo Jadi Kalimantan, Ini Alasannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCkPTnZA-y2GBLaP0kn0YyuPlJo7KI1aFajewc1JryDsq_7TpiAJfWB9ihtgfO6mrFrmZFvvExQOrN0guIKtzew2e9-_Xu3hODgDr3RfrFhY9cNZKtQLnlZLnTS6ve_HvtsocyVCZKT6L-/s1600/1576417316777996-0.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCkPTnZA-y2GBLaP0kn0YyuPlJo7KI1aFajewc1JryDsq_7TpiAJfWB9ihtgfO6mrFrmZFvvExQOrN0guIKtzew2e9-_Xu3hODgDr3RfrFhY9cNZKtQLnlZLnTS6ve_HvtsocyVCZKT6L-/s72-c/1576417316777996-0.png
MasOkir
https://masokir.blogspot.com/2019/12/netizen-malaysia-tuduh-indonesia-minta.html
https://masokir.blogspot.com/
https://masokir.blogspot.com/
https://masokir.blogspot.com/2019/12/netizen-malaysia-tuduh-indonesia-minta.html
true
3735486457422128616
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy