Jangan Ajak Pengidap Acrophobia Ketempat Yang Tinggi!!! Ini Alasannya

Acrophobia adalah ketakutan berlebihan atau ketakutan yang ekstrem terhadap ketinggian. Fobia merupakan bagian dari gangguan kecemasan, d...


Acrophobia adalah ketakutan berlebihan atau ketakutan yang ekstrem terhadap ketinggian. Fobia merupakan bagian dari gangguan kecemasan, di mana seseorang memiliki ketakutan yang intens atau tidak rasional terhadap objek ataupun situasi tertentu.


Gejala umum Acrophobia:


  • Vertigo
  • Ketakutan intens saat menaiki atau menuruni tempat yang tinggi
  • Reaksi langsung pada ketinggian, seperti berlutut atau mencari sesuatu untuk berpegangan
  • Kecemasan yang besar saat mengantisipasi ketinggian
  • Menghindari tempat-tempat tinggi
  • Serangan panik, berupa gemetar, berkeringat, pingsan, mual, muntah, pusing, kesulitan bernapas, jantung berdetak cepat, nyeri dada, mati rasa pada tungkai, tubuh menjadi kaku, dan timbulnya kemarahan

1. Bantuan mandiri
Bantuan mandiri benar-benar memiliki arti melakukannya sendiri dan hal ini dapat dilakukan dengan memilih berbagai program belajar di rumah untuk terapi sendiri. Meskipun cara ini jarang berhasil, namun setidaknya Anda memiliki rasa tanggungjawab untuk pemulihan Anda sendiri.

2. Terapi konseling

Jika teknik bantuan mandiri tidak bekerja, bicaralah dengan dokter Anda. Anda mungkin memerlukan bantuan profesional dari seorang psikiater atau terapis. Ada beberapa jenis terapi konseling dan tentu saja efektivitas terapi sangat bergantung pada terapis. Namun, umumnya proses terapi ini lambat dan kurang berhasil, karena pelatihan ini tidak memiliki metode untuk menangani kekhawatiran yang serius.

3. Terapi pemaparan

Jika Anda menduga bahwa Anda memiliki phobia, mulailah berbicara dengan dokter yang dapat merekomendasikan terapis yang tepat untuk Anda. Anda mungkin akan disarankan untuk melakukan terapi pemaparan, meskipun terapis mungkin juga merekomendasikan perawatan tambahan.

Terapi pemaparan adalah bentuk terapi perilaku kognitif yang melibatkan diri Anda ke dalam skenario yang melibatkan phobia Anda, dan membuat Anda mempelajari hal baru untuk mengatasi phobia Anda. Proses ini biasanya memiliki 5 langkah, yaitu:


  • Evaluasi. Anda mendeskripsikan ketakutan Anda kepada terapis dan mengingat kembali kejadian di masa lalu yang diperkirakan berhubungan dengan phobia Anda.
  • Tanggapan. Terapis akan menawarkan evaluasi phobia Anda dan mengusulkan rencana pengobatan.
  • Mengembangkan hierarki ketakutan. Anda dan terapis membuat daftar skenario yang melibatkan rasa takut Anda, masing-masing lebih intens dari yang terakhir.
  • Eksposure. Anda mulai membuka diri untuk masing-masing skenario pada daftar, dimulai dari situasi yang paling tidak menakutkan. Anda mulai menyadari bahwa kepanikan berkurang dalam beberapa menit saat menghadapi rasa takut Anda.
  • Tahap lanjutan. Ketika Anda menjadi nyaman pada setiap tahapan, maka Anda akan berpindah pada situasi yang lebih sulit.

4. Terapi perilaku kognitif
Terapi perilaku kognitif merupakan pendekatan yang mendorong orang untuk menghadapi dan mengubah pikiran serta sikap yang mengarah pada rasa takut. Desensitisasi sistematis, yang merupakan terapi perilaku kognitif (CBT), adalah teknik terapi perilaku yang lebih sering digunakan untuk mengobati phobia ketinggian atau phobia lainnya. Hal ini didasarkan untuk membuat pasien rileks, kemudian membayangkan hal yang memicu phobia (dari yang kurang mengerikan hingga yang paling mengerikan). Menurut National Institute of Mental Health, sekitar 75% dari orang-orang yang memiliki phobia tertentu biasanya berhasil mengatasi ketakutan mereka melalui terapi perilaku kognitif.

COMMENTS

Name

Biografi,1,Blogger,2,News,8,Pengetahuan,7,Penyakit,3,Perasaan,2,Phobia,5,Sejarah,3,Sifat,4,Tekhnologi,1,Template,1,Tips & Trick,2,Tutorial,7,
ltr
item
MasOkir: Jangan Ajak Pengidap Acrophobia Ketempat Yang Tinggi!!! Ini Alasannya
Jangan Ajak Pengidap Acrophobia Ketempat Yang Tinggi!!! Ini Alasannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhK0deRfccUxWJmqNcqRLhq1rvOwUbm_J7k7CMphazUt4POb_8poqJa3yDIzSwD_7w7qNyMfNP6afQebC-va0H8BTmpQbyArmc_9qZMfUdzE8gLxyXDSI9aC2NdipTIqXkDnJ3L6jrgXGjp/s640/Acrophobia+%25281%2529.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhK0deRfccUxWJmqNcqRLhq1rvOwUbm_J7k7CMphazUt4POb_8poqJa3yDIzSwD_7w7qNyMfNP6afQebC-va0H8BTmpQbyArmc_9qZMfUdzE8gLxyXDSI9aC2NdipTIqXkDnJ3L6jrgXGjp/s72-c/Acrophobia+%25281%2529.png
MasOkir
https://masokir.blogspot.com/2019/08/jangan-ajak-pengidap-acrophobia.html
https://masokir.blogspot.com/
https://masokir.blogspot.com/
https://masokir.blogspot.com/2019/08/jangan-ajak-pengidap-acrophobia.html
true
3735486457422128616
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy